Minggu, 24 Mei 2009

TUGAS KE 2 UAS PTK

NAMA : ELISDA
KELAS : E
NIM : 153070200


DAMPAK DAN KONSEKUENSI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA INTERNET


INTERNET : FASILITAS CAKRAWALA DAN KONSEKUENSINYA
Kita hidup dalam era teknologi yang begitu tinggi, era dimana teknologi berjalan dengan cepatnya. Manusia mulai belajar bermain – main dengan waktu untuk kemajuan yang begitu cepat. Salah satu contohnya adalah pengguanan era internet, yakni dimana arus informasi semakin cepat dan sangat deras. Semua orang dapat mengakses informasi apapun dengan penggunaan ineternet. Dengan kemajuan yang seperti ini, Apakah internet selalu berfungsi untuk membuka cakrawala bagi penggunanya ? Apakah tidak ada konsekuensi yang akan muncul dari adanya kemajuan dunia dalam bentuk internet apalagi terhadap perubahan yang nyata dalam bidang sosial maupun cultural?

Mari kita perhatikan baik – baik, internet merupakan contoh dari suatu fenomena yang sangat baru tetapi sangat memepengaruhi dan membentuk keseharian dalam perilaku sosial sehari – hari dalam kehidupan masyarakat kita. Lebih dari itu, internet bukan hanya sekedar membagi informasi pada khalayak tetapi secara radikal maupun pelan mengubah keyakinan mengenai kemampuan dan kekuatan berekspresi dan bagaimana kekuatan itu mampu dipergunakan. Berdasarkan teori difusi inovasi, fenomena perubahan akan menyebar melalui sistem sosial yang dibentuk oleh : bermacam kegiatan sosial ( melalui debat dan diskusi antar warga masyarakat ), artifak budaya ( yang bersentuhan dengan fenomena tersebut) dan media massa ( Rogers,1995).

Bermacam – macam indikasi dari berbagai fenomena ( dalam hal ini adalah penggunaan internet ) dapat diketemukan dalam sistem sosial di sistem sosial manapun, namun media memiliki peran yang paling penting dalam masa adaptasi. Teori yang lain, yakni teori pembelajaran sosial, mengindikasikan bahwa manusia bisa belajar mengenai sesuatu hanya dengan mengamati, dan ini sangat bisa terjadi melalui media massa
( Bandura, 1977 ). Ini berarti media massa memiliki peran yang sangat lekat hubungananya dengan kedua area tersebut. Peranan inilah yang membuat masyarakat akan menanggapi dan mencoba belajar tentang kegunaan dan penggunaan internet.
Internet sebagai media yang dapat dikatakan sebagai konvergensi dari media cetak, audio maupun visual memiliki dampak positif maupun negatif yang dapat ditimbulkan. Dampak – dampak signifikan tersebut dapat kita lihat dalam bidang sosial maupun cultural. Internet memang sangat bermanfaat dalam kehidupan masyarakat pada umumnya tetapi dari kelebihan yang dimiliki misanya saja dengan penggunaan internet masyarakat akan lebih cenderung hidup terbuka terhadap pengetahuan dan perkembanagan dunia luar sehingga belajar untuk memiliki pemikiran yang lebih demokratis, internet pun memiliki kekurangan – kekurangan yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari – hari.

Konsekuensi yang terjadi dari adanya kemajuan internet dalam kehidupan sehari – hari di bidang sosial misalnya yaitu adanya suatu perubahan pola kebiasaan dalam masyarakat, dari yang dulunya mencari informasi dengan mengandalkan media cetak, tv aatu radio sekarang beralih menjadi lebih banayak tertarik menggunakan internet. Selain itu, konsekuensi yang terjadi adalah intrenet menyebabakan seseorang menjadi lupa waktu sehingga akan menyebabkan sikap cuek ( acuh ) terhadap lingkunagn sosialnya. Misalnya saja, orang akan cenderung berlama – lama menggunakan fasilitas atau fitur – fitur dalam internet untuk mencari sesuatu informasi yang diinginkan tanpa batasan karena semua fenomena yang dicari ada didalamnya sehingga seseorang akan ” berasyik – asyik ria ” untuk mengaksesnya sampai lupa akan waktu atau lingkungan sosialnya.
Internet pun bisa memberikan konsekuensi yang terjadi dalam cultural kita yakni berkurangnya nilai – nilai budaya dengan timbulnya sikap individualis dimana tadinya seseorang menyukai sikap saling berkunjung untuk mmeperoleh inforamsi atau bersahabat maka seseorang akan lebih tertarik hidup dalam dunia maya misalnya berinteraksi lewat chatting apalagi sekarang ada fenomena ajang pencarian jodoh lewatchatting.

Perkembangan teknologi di zaman sekarang ini memang tidak akan pernah memungkinkan kemajuan yang begitu drastis dari apa yang diciptakan. Tetapi, keajuan yang terjadi selalu dibarengi oleh dampak – dampak dan konsekuensi yang ditimbulkan. Oleh karena itulah maka dinamakan konsekuensi dari adanya perkembangan dunia dalam hal ini teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar